10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Melalui Software dan Hardware

10 Cara mempercepat koneksi internet melalui Software dan Hardware

melalui hardware Cara mempercepat koneksi internet, Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi Kecepatan Internet, namun Ada banyak juga cara yang dapat dilakukan untuk mencoba meningkatkan, mengoptimalkan, mempercepat koneksi internet, dan hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang singkat.
Kali ini saya akan menunjukan beberapa cara mempercepat koneksi internet anda agar 3x lipat dari kecepatan sebelumnya, berikut 10 langkah mempercepat koneksi internet melalui software dan hardware :

A. Melalui software

Ada banyak cara Mempercepat koneksi internet melalui software yaitu dengan cara melakukan scanning pada laptop/pc, memeriksa aplikasi, menghapus riwayat browsing, dan lain sebagainya, berikut langkah-langkah melalui software :

1. Mengecek kecepatan Internet anda

Hal pertama yang harus dilakukan mengecek kecepatan internet anda, kali ini saya akan menggunakan aplikasi Speedtest, karena SpeedTest memiliki banyak server untuk melakukan pengetesan sehingga ISP kamu akan dites dari server terdekat, bahkan dari kota kamu berada.
Dibawah ini merupakan hasil dari kecepetan internet saya yang memakai internet dari indihome.

2. Cek aplikasi atau progam yang menggunakan Internet

1. Pertama-tama tekan tombol Ctrl+Shift+Esc secara Bersamaan, untuk membuka Task Manager.

2. Selanjutnya buka tab “Performance” lalu Klik “Resource Monitor”

3. Pada menu Network anda akan melihat beberapa aplikasi yang menggunakan data internet kalian, Semakin banyak aplikasi yang menggunakan data internet kalian.maka semakin lambat pula akses internet anda.

3. Mempercepat Kinerja IDM (Internet Download manager)

Dengan menggunakan internet download manager ( IDM ) kita dapat mempercepat koneksi download kita. Software internet download manager juga dapat kita optimasi untuk mempercepat speed download internet.

1. Pertama-tama kita buka aplikasi IDM (Internet Download Manager), lalu pilih Menu Download>Options

2. Selanjutnya pilih tab Connection pada jendela pengaturan tersebut.

3. Pada opsi Conection type/speed, lalu pilih High Speed: Direct Connection (Ethernet/Cable) / Wifi / Mobile 4G / other.

4. Kemudian pada opsi Max.Conection Number pilih angka yang paling besar seperti 16, 24, 32

5. Setelah kalian selesai merubah pengaturan sesuai dengan yang diatas, lalu tekan OK untuk menyimpan.

4. Scan Laptop/PC lewat malware

Bagi kamu pengguna Windows 10 terbaru, Windows Defender Offline sudah ditanamkan langsung kedalam Windows. Sehingga untuk menjalankannya sangatlah mudah. Pertama-tama Kamu tinggal buka saja Settings > Update & Security > Windows Defender > scroll kebawah lalu pilih Scan Offline


Setelah itu Windows akan otomatis restart dan proses scanning offline akan dimulai. Proses bakal berlangsung 15 – 20 menit dan otomatis masuk Windows begitu seluruh proses selesai.

5. Stop Mendownload, Terutama menggunakan IDM

Jika Kalian mendownload file sambil browsing secara bersamaan, dan tiba-tiba koneksi internet menjadi lambat, dan tentu Ketika anda sedang mendownload file yang berukuran besar, koneksi internet anda akan dibagi dan lebih banyak dimakan oleh aktivitas downloading yang anda lakukan sehingga ketika anda browsing atau streaming terasa lambat.

6. Bersihkan Riwayat browsing

Salah satu alasan menghapus riwayat browsing adalah untuk memperingan kinerja browser. Semakin banyak riwayat browsing yang anda lakukan, semakin besar pula kinerja browser. Hal itu berdampak pada kegiatan browsing yang seakan-akan terasa lebih lambat dan berat, Untuk menghapus riwayat browsing pada browser anda, Caranya sebagai berikut :

Melalui Google Chrome

1. Pertama-tama buka browser Chrome, selanjutnya tekan tombol Ctrl + Shift + Del (Deelete)

2. Centang semua Opsi seperti gambar diatas, kemudian Klik Clear browsing data

Melalui Mozila Firefox

1. Pertama-tama buka browser Mozila firefox, Kemudian tekan tombol Ctrl + Shift +Del (Delete)

2. Centang semua opsi . Kemudian pada kolom Time range to clear, pilih Everything. Terakhir pilih Clear Now.

B. Melalui Hardware

Dari segi hardware kita dapat melakukan pergantian pada modem lama dengan modem baru, menghubungi pihak isp, melakukan upgrade kecepatan, menggunakan alat yang lebih bagus. Berikut penjelasan yang lebih detail, simak dibawah :

7. Mengganti modem yang lama dengan yang baru

Salah satu penyebab lemotnya internet karena modem yang anda gunakan jadul/tipe lama, pastikan anda sudah menggunakan modem yang sudah mendukung frekuensi 4G/LTE. Saya sarankan anda menggunakan modem yang spesifikasinya lebih tinggi dari yang lama.
Namun, jika modem yang anda gunakan merupakan pinjaman dari pihak ISP seperti Telkom, alangkah terlebih dahulu menghubungi pihak Telkom untuk meminta penggantian modem yang lebih baru.

Note : Anda juga dapat mereset modem anda

8. Membatasi jumlah pengguna/memberi pasword pada wifi

Semakin banyak pengguna yang menggunakan wifi anda semakin pula ineternet anda lambat, saya sarankan anda membatasi jumlah pengguna/ memberi password supaya wifi yang anda gunakan tidak lambat,

9. Pastikan anda berada dekat dengan wifi

Semakin anda jauh dari wifi maka sinyal yang anda dapatkan akan berkurang, kalau anda memasang wifi pastikan meletakan modem dengan benar jangan meletakan modem yang banyak penghalang seperti dinding .

10. Mengupgrade speed internet anda

Awalnya anda menggunakan speed 2mb pada wifi anda, karena sering banyak yang menggunakan/kebutuhan anda lebih banyak, maka saya sarankan anda mengupgrade kecepatan wifi anda dengan yang lebih besar agar tidak lambat saat digunakan.

Post Comment